Langsung ke konten utama

Ini Dia Gejala dan Cara Penularan Penyakit Hepatitis B yang Harus Anda Ketahui

Gejala hepatitis B tidak merasakan gejala apapun dan 30% dari penderita merasakan gejala. Penyakit ini sudah menjadi penyakit umum dialami oleh penduduk saat ini. Beberapa penderitanya saat ini sudah termasuk penyakit akut atau kronis dan paling parah menjadi kanker hati. Hal inilah yang membuat penduduk perlu mengetahui gejala umum dari penyakit dan mengetahui penularannya.

Berikut adalah gejala dari penyakit hepatitis B diantaranya:

• Sering merasa mual hingga muntah, hal ini disebabkan oleh kenaikan produksi asam lambung. Ketika hati mendapat gangguan dari virus akan terjadi kerusakan sel yang membuat kerja hati tidak berfungsi dengan normal dan dampaknya pada produksi getah empedu dan muntah pada penyakit ini terasa sangat pahit dan beraroma menyengat khas asam warna gelap kekuningan.

• Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan, diakibatkan asam lambung tinggi membuat perut terasa penuh dan jarang merasa lapar sehingga akan menurunkan nafsu makan yang diikuti dengan penurunan berat badan sehingga tubuh membutuhkan nutrisi dan makan teratur.

• Terserang flu, mengalami kepala pusing, mudah ngantuk, badan meriang dan penderita perlu melakukan pemeriksaan ke dokter untuk melakukan pengobatan lebih lanjut.

• Mudah lelah dan nyeri badan, hal ini diakibatkan fungsi hari menurun sehingga zat-zat yang tidak seharusnya masuk dalam darah malah ikut dalam darah.



Selain itu, terjadi nyeri perut pada bagian kanan atas terutama sekitar hati saat ditekan. Nyeri ini meradang sehingga rongga perut mendapatkan tekanan. Penderita juga akan mengalami diare karena organ hati memegang penting dalam proses pencernaan dan diare ini lebih berlangsung dalam waktu lama. Ketika fungsi hati melemah maka vitamin A tidak tersimpan dan kebutuhan vitamin untuk mata tidak terpenuhi dengan baik. Terjadi juga pembengkakan karena peradangan hati berlanjut dan membuat produksi cairan memenuhi perut dan menyebabkan buncit.

Berikut adalah cara penularan dari penyakit kuning diantaranya:

• Transfusi darah, sebaiknya memeriksa diri sebelum mendonorkan diri untuk mengantisipasi penyakit ini menular pada penerima darahnya dan jika penderita mendonorkan darah akan sangat berbahaya.

• Jarum suntik, karena termasuk alat yang digunakan untuk membantu menginjeksikan obat-obatan ke dalam tubuh pasien dan biasanya untuk sekali pakai karena memungkinkan penularan berbagai penyakit.

• Sikat gigi, sendok dan peralatan makan dapat tertular dengan mudah dengan adanya selaput lendir pada mulut dan virus hepatitis dapat hidup disana sehingga pemilihan tempat makan perlu diperhatikan.

• Penularan melalui kulit, berhati-hatilan ketika memiliki luka dan jaga kontak dengan orang asing yang terkena penyakit hepatitis.

• Hubungan seks, virus hepatitis hidup pada berbagai cairan yang terdapat protein seperti sperma dan cairan pada vagina. Pastikan tidak melakukan seks dengan berganti-ganti pasangan untuk membuat virus menyebar.

Sebagai penderita hindari kebiasaan minum alkohol sebab tidak baik untuk kesehatan hati karena terlalu keras untuk dicerna maka penderitanya perlu berhenti mengonsumsi alkohol. Gandum dan gluten, gandum yang digunakan untuk membuat terigu sudah dimodifikasi secara genetik sehingga menjadi gandum yang tahan terhadap pestisida dan gluten menyebabkan inflamasi karena sulit dicerna untuk menjaga kesehatan hati penderitanya.

Selain itu, air keran mengandung banyak hal negatif termasuk logam berat, klorin, fluoride, dan bahan kimia non organik yang tidak dapat diproses oleh hati dan digunakan untuk mandi yang mengandung racun terserap kulit dan dihirup oleh paru-paru. Junk food, memiliki kandungan tidak sehat untuk tubuh termasuk lemak, gula, dan bahan-bahan kimia serta aditif karena dapat merusak hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Samsung Pastikan Galaxy Watch Dijual di Indonesia

Bersamaan dengan Galaxy Note 9, samsung turut memperkenalkan perangkat arloji pintar baru bernama Galaxy Watch dalam acara “Galaxy Unpacked” di New York, Amerika Serikat, Kamis kemarin. Meski baru saja meluncur, smartwatch ini ternyata sudah bertengger di pergelangan tangan Annisa Nurul Maulina, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia saat hadir di acara Media Experience Galaxy Note 9 di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Annisa pun memastikan Galaxy Watch bakal dipasarkan di Indonesia. 

Hanya saja, dia masih enggan menyebutkan jadwal pasti dan banderol sang arloji pintar. “Pasti akan masuk (Indonesia), tapi belum ada waktu dan harganya. Nanti akan kami umumkan lagi,” jawab Annisa. Samsung diketahui bakal mulai melepas Galaxy Watch secara global mulai 14 September mendatang. Galaxy Watch menandai kali pertama arloji pintar Samsung berada di bawah naungan seri “Galaxy”, setelah sebelumnya selalu mengusung brand “Gear”. Head of Marketing Smartwatch and VR Samsung, Elina Vives …

Bocoran OPPO Find X Terkuak, Begini Bentuk Fisik Serta Penampilannya

Oppo, salah satu produsen smartphone negeri tirai bambu sekaligus rival terberat Vivo nampaknya tengah bersiap untuk meluncurkan salah satu seri smartphone elitenya yang berjuluk Find X. Tak hanya sekedar ucapan jempol semata, namun Rumor soal kehadiran Oppo Find X semakin jelas.

Setelah foto render dan trademark-nya muncul di internet pada awal bulan lalu, kini giliran situs resminya yang mengumbar informasi. Situs tersebut beralamatkan www.oppofind.com. Ketika masuk, pengunjung bakal disambut dengan salam “hi”, lalu beranjak ke slide kedua bertuliskan “it’s been a long time” (sudah lama sekali).

Di slide ketiga, pengunjung akan melihat banner digital bertuliskan “Find X”. Warna banner didominasi hitam dengan sedikit aksen merah keunguan yang elegan. Tulisannya sendiri berwarna putih. Bukan cuma di situs resmi, akun Twitter Oppo India (@oppomobileindia) pun turut membeberkan informasi soal Find X. Flagship itu dikatakan bakal mengusung sifat futuristis. Tak dijabarkan secara detail f…