Langsung ke konten utama

Komputer Terkecil di Dunia yang Dapat Mengukur Suhu

Beberapa waktu lalu, perusahaan komputer asal AS, IBM memperkenalkan komputer terkecil di dunia yang ukurannya lebih kecil dari butiran garam. Sepertinya, komputer mini tersebut akan memiliki pesaing. Universitas Michigan baru saja memperkenalkan "komputer" pengukur suhu buatan mereka berukuran 0,03 milimeter kubik. Jika dibandingkan dengan komputer mini milik IBM, kira-kira berukuran sepersepuluh lebih kecil. Ukuranya pun bahkan jauh lebih kecil dibanding satu butir beras. Saking kecilnya, LED transmisinya juga menyusut, sehingga dapat memicu arus di papan sirkuitnya. Para peneliti pun harus memutar otak untuk mengurangi dampak dari ringannya perangkat tersebut. 

 Hasil gambar untuk komputer kecil pengukur suhu

Mereka mencoba menukar dioda dengan kapasitor dan menekan peningkatan relatif listrik. Peningkatan tersebut berasal dari perangkat yang berjalan menggunakan tenaga yang sangat lemah. Alhasil, sensor mampu mengukur perubahan suhu di area yang sangat kecil, seperti kelompok sel di tubuh manusia. Perangkat mungil ini bisa dimanfaatkan untuk tujuan medis. Misalnya saja para peneliti yang menduga jika tumor memiliki suhu sedikit lebih panas dibanding jaringan sehat. Namun hingga saat ini, hal itu masih sulit untuk dikaji lebih dalam. Dengan perangkat mini tersebut, klaim ini dapat ditinjau kembali dan jika terbukti, maka efektivitas pengobatan kanker juga dapat diukur keberhasilannya. Para peneliti juga berharap bisa membantu mendiagnosa glukoma dari dalam mata, memantau proses biokimia dan juga mempelajari hewan siput yang sangat kecil. 

Kelengkapan "komputer" kecil ini tentu tidak bisa disejajarkan dengan konsep komputer pada umumnya yang mampu mengolah, mengambil dan menyimpan data. Bahkan penyebutan istilah "komputer" untuk perangkat mikro ini pun masih diperdebatkan. "Kami tidak yakin apakah sebaiknya mereka (perangkat mikro) itu disebut komputer atau tidak. Itu lebih ke persoalan opini apakah mereka memiliki fungsi yang diperlukan," jelas profesor tehnik elektrik dan komputer Universitas Michigan, David Blaauw. Komputer ini memang dilengkapi prosesor berdasarkan pada desain ARM Cortex-M0 Plus. Namun, jika perangkat kehilangan daya, maka semua data akan lenyap, seperti halnya komputer mini milik IBM.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Samsung Pastikan Galaxy Watch Dijual di Indonesia

Bersamaan dengan Galaxy Note 9, samsung turut memperkenalkan perangkat arloji pintar baru bernama Galaxy Watch dalam acara “Galaxy Unpacked” di New York, Amerika Serikat, Kamis kemarin. Meski baru saja meluncur, smartwatch ini ternyata sudah bertengger di pergelangan tangan Annisa Nurul Maulina, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia saat hadir di acara Media Experience Galaxy Note 9 di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Annisa pun memastikan Galaxy Watch bakal dipasarkan di Indonesia. 

Hanya saja, dia masih enggan menyebutkan jadwal pasti dan banderol sang arloji pintar. “Pasti akan masuk (Indonesia), tapi belum ada waktu dan harganya. Nanti akan kami umumkan lagi,” jawab Annisa. Samsung diketahui bakal mulai melepas Galaxy Watch secara global mulai 14 September mendatang. Galaxy Watch menandai kali pertama arloji pintar Samsung berada di bawah naungan seri “Galaxy”, setelah sebelumnya selalu mengusung brand “Gear”. Head of Marketing Smartwatch and VR Samsung, Elina Vives …

Bocoran OPPO Find X Terkuak, Begini Bentuk Fisik Serta Penampilannya

Oppo, salah satu produsen smartphone negeri tirai bambu sekaligus rival terberat Vivo nampaknya tengah bersiap untuk meluncurkan salah satu seri smartphone elitenya yang berjuluk Find X. Tak hanya sekedar ucapan jempol semata, namun Rumor soal kehadiran Oppo Find X semakin jelas.

Setelah foto render dan trademark-nya muncul di internet pada awal bulan lalu, kini giliran situs resminya yang mengumbar informasi. Situs tersebut beralamatkan www.oppofind.com. Ketika masuk, pengunjung bakal disambut dengan salam “hi”, lalu beranjak ke slide kedua bertuliskan “it’s been a long time” (sudah lama sekali).

Di slide ketiga, pengunjung akan melihat banner digital bertuliskan “Find X”. Warna banner didominasi hitam dengan sedikit aksen merah keunguan yang elegan. Tulisannya sendiri berwarna putih. Bukan cuma di situs resmi, akun Twitter Oppo India (@oppomobileindia) pun turut membeberkan informasi soal Find X. Flagship itu dikatakan bakal mengusung sifat futuristis. Tak dijabarkan secara detail f…

Cara Mudah Mendapatkan Hp Android Murah Secara Online

Smartphone saat ini seperti sudah menjadi kebutuhan pokok untuk setiap orang. Hal ini dikarenakan perangkat elektronik yang satu ini mampu memudahkan urusan manusia menjadi lebih praktis dan efisien. Ada banyak sekali jenis smartphone dengan fitur dan spesifikasinya masing-masing, Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan Anda. Akan tetapi, biasanya semakin tinggi fitur smartphone tersebut, maka akan semakin mahal harganya. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan hp Android murah Bukalapak. Membeli smartphone melalui toko online memang dinilai lebih terjangkau karena pajak toko online tidak terlalu besar seperti toko konvensional yang masih harus membayar sewa toko.

Bukalapak adalah salah satu situs belanja online yang sudah populer dan menjadi langganan banyak orang karena selalu memberikan barang yang berkualitas dan terjamin. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk berbelanja di toko online yang satu ini karena semua transaksi Anda dijamin aman dan t…