Langsung ke konten utama

Beda Tipis Namun Inilah Bedanya Antara Parkir dan Berhenti

Saat mudik dan balik, intensitas kendaraan di jalanan sangat pekat dan bukan tidak mungkin terjadi gesekan. Biar tidak jadi saling adu kuat, ada baiknya kita mempelajari peraturan lalu lintas, salah satunya soal kendaraan berhenti dan parkir. Berhenti dan parkir merupakan dua kondisi yang berbeda menurut peraturan. Di jalanan biasanya terdapat rambu dengan huruf P yang di beri garis miring warna merah yang berarti dilarang parkir kemudian ada juga huruf S dengan garis yang sama yang berarti dilarang berhenti. Nah pada saat apakah kendaraan dinyatakan hanya berhenti dan parkir ? 


Sederhananya, berhenti yakni ketika kendaraan belum ditinggal pengemudi. Sedangkan parkir definisinya saat kendaraan ditinggal pengemudinya. Bedanya tipis, tapi mengetahui bedanya bisa menghindari dari tilang polisi ataupun adu argumen ketika terjadi masalah di jalanan. Peraturan soal berhenti dan parkir terdapat pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada pasal 1 poin 15 dijelaskan, “Parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya”. 

Pada Pasal 1 poin 16 diterangkan juga, “Berhenti adalah keadaan kendaraan tidak bergerak untuk sementara dan tidak ditinggalkan pengemudinya”. Hukuman buat pelanggar berhenti atau parkir dijelaskan di Pasal 287 Ayat 3, yakni ancaman pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Samsung Pastikan Galaxy Watch Dijual di Indonesia

Bersamaan dengan Galaxy Note 9, samsung turut memperkenalkan perangkat arloji pintar baru bernama Galaxy Watch dalam acara “Galaxy Unpacked” di New York, Amerika Serikat, Kamis kemarin. Meski baru saja meluncur, smartwatch ini ternyata sudah bertengger di pergelangan tangan Annisa Nurul Maulina, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia saat hadir di acara Media Experience Galaxy Note 9 di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Annisa pun memastikan Galaxy Watch bakal dipasarkan di Indonesia. 

Hanya saja, dia masih enggan menyebutkan jadwal pasti dan banderol sang arloji pintar. “Pasti akan masuk (Indonesia), tapi belum ada waktu dan harganya. Nanti akan kami umumkan lagi,” jawab Annisa. Samsung diketahui bakal mulai melepas Galaxy Watch secara global mulai 14 September mendatang. Galaxy Watch menandai kali pertama arloji pintar Samsung berada di bawah naungan seri “Galaxy”, setelah sebelumnya selalu mengusung brand “Gear”. Head of Marketing Smartwatch and VR Samsung, Elina Vives …

Ini Dia Gejala dan Cara Penularan Penyakit Hepatitis B yang Harus Anda Ketahui

Gejala hepatitis B tidak merasakan gejala apapun dan 30% dari penderita merasakan gejala. Penyakit ini sudah menjadi penyakit umum dialami oleh penduduk saat ini. Beberapa penderitanya saat ini sudah termasuk penyakit akut atau kronis dan paling parah menjadi kanker hati. Hal inilah yang membuat penduduk perlu mengetahui gejala umum dari penyakit dan mengetahui penularannya.

Berikut adalah gejala dari penyakit hepatitis B diantaranya:

• Sering merasa mual hingga muntah, hal ini disebabkan oleh kenaikan produksi asam lambung. Ketika hati mendapat gangguan dari virus akan terjadi kerusakan sel yang membuat kerja hati tidak berfungsi dengan normal dan dampaknya pada produksi getah empedu dan muntah pada penyakit ini terasa sangat pahit dan beraroma menyengat khas asam warna gelap kekuningan.

• Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan, diakibatkan asam lambung tinggi membuat perut terasa penuh dan jarang merasa lapar sehingga akan menurunkan nafsu makan yang diikuti dengan penurun…

Bocoran OPPO Find X Terkuak, Begini Bentuk Fisik Serta Penampilannya

Oppo, salah satu produsen smartphone negeri tirai bambu sekaligus rival terberat Vivo nampaknya tengah bersiap untuk meluncurkan salah satu seri smartphone elitenya yang berjuluk Find X. Tak hanya sekedar ucapan jempol semata, namun Rumor soal kehadiran Oppo Find X semakin jelas.

Setelah foto render dan trademark-nya muncul di internet pada awal bulan lalu, kini giliran situs resminya yang mengumbar informasi. Situs tersebut beralamatkan www.oppofind.com. Ketika masuk, pengunjung bakal disambut dengan salam “hi”, lalu beranjak ke slide kedua bertuliskan “it’s been a long time” (sudah lama sekali).

Di slide ketiga, pengunjung akan melihat banner digital bertuliskan “Find X”. Warna banner didominasi hitam dengan sedikit aksen merah keunguan yang elegan. Tulisannya sendiri berwarna putih. Bukan cuma di situs resmi, akun Twitter Oppo India (@oppomobileindia) pun turut membeberkan informasi soal Find X. Flagship itu dikatakan bakal mengusung sifat futuristis. Tak dijabarkan secara detail f…